Senin, 28 Juli 2014

GENERASI PEMBELAJAR

"Generasi Pembelajar" Istilah ini saya kutip dari buku Prophetic Learning (Dwi Budiyanto). Beliau menjelaskan pernyataan Sayyid Quthb tentang bagaimana tabiat insan pembelajar dari generasi sahabat. Apa keistimewaan para sahabat sehingga mereka mampu melakukan lompatan yang luar biasa memimpin garda peradaban dunia?

Sayyid Quthb mengatakan, "Kehebatan generasi sahabat bukan semata-mata karena di sana ada Rasulullah, sebab jika ini jawabannya berarti Islam tidak rahmatan lil 'alamin. Kehebatan mereka terletak pada semangat mereka untuk belajar, lalu secara maksimal berupaya mengamalkannya."

Mereka memiliki kemauan dan minat yang kuat terhadap ilmu melebihi kemauan terhadap hal lain. Generasi ini mengetengahkan sebuah pandangan belajar untuk memahami (Learning how to think). Tidak berhenti sampai di situ, mereka juga menjelaskan tentang belajar untuk mengamalkan (Learning how to do). Satu unit ilmu yang mereka peroleh langsung diaplikasikan.

Analisis Sayyid Quthb di atas juga menjelaskan kepada kita tentang kesadaran diri para sahabat untuk menjadi pribadi paripurna. Rentetannya sebagai berikut. Mereka memiliki kesadaran diri untuk menjadi pribadi paripurna (taqwa). Syaratnya, mereka perlu menginvestasikan amal-amal yang berkualitas (amal shalih). Untuk mencapainya, mereka harus memiliki pemahaman yang baik. Untuk tujuan semua itulah mereka belajar. Jadi, setiap kita perlu belajar untuk menjadi (Learning how to be). Artinya, apapun yang kita pelajari harus mampu membentuk pola pikir dan pola sikap kita dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mencapai target itu semua, kita tidak mungkin hanya mengandalkan sekolah atau kampus saja. Kita perlu memperluas lingkungan belajar kita.
Hanya saja, untuk memperluas lingkungan belajar kita membutuhkan minat yang kuat. Minat yang kuat lahir dari tradisi belajar dan tradisi ilmiah yang baik. Nah, sekarang bagaimana menjadikan tradisi belajar betul-betul melekat pada diri kita tanpa terkait dengan momentum tertentu, misalnya ujian. Selain itu, bagaimana kita menciptakan motivasi bahwa apa pun yang kita lakukan sejatinya adalah proses belajar, karena BELAJAR MERUPAKAN SENI UNTUK MENGEMBANGKAN DIRI!

Mari belajar bersama!
#belajar_dari_sumbernya!

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Masthoms16 | Macys Printable Coupons